Tuesday, January 09, 2018

Penginapan Floating Cottage di Pulau Ayer

Daripada harus liburan kelaut aku lebih memilih liburan ke puncak atau ke gunung yang udaranya sejuk, dengan pemandangan sungai dan pepohonan yang rindang dan tinggi tinggi. Tapi semua itu memang harus aku lakukan demi pekerjaan sekalian berlibur sih. Kali ini kami mendapat tugas untuk melakukan surver tempat suatu perusahaan untuk berlibur ditepi laut.

Beberapa partner dan aku sendiri kami menuju pulau ayer sekitaran jam 8 dari dermaga marina ancol. Sebuah pulau yang merupakan dari salah satu gugusan kepulauan seribu. Pulau ayer sendiri diberi julukan sebagai mutiara kepulauan, dengan luas kira kira 10 hektar dengan jarak 14 km dengan jarak tempuh sekitar 30 menitan dari pelabuhan marina ancol.

Untuk dapat sampai kepulau ayer anda harus melewatinya melalui dermaga marina ancol karena speedboat berada dalam management ancol. Dan biasanya anda memesan melalui agent agent wisata pulau seribu.

Pada jaman kemerdekaan konon presiden soekarno sering mengunjungi pulau ayer untuk beristirahat. Dan presiden yugoslavia tito pun kabarnya pernah mengunjungi pulau ini.

Pertama kali anda memijakan kaki anda di pulau ayer anda akan melihat floatting cottage sebagai resort andalan, dengan minuman welcome drink nya selalu tersedia serta jus buah buahan yang segar.

Dengan konsep cottage apung atau sering di sebut floatting cottage inilah tempat yang akan kami kunjungi secara bangunan ini cukup lama ada. Tapi walaupun bangunan ini sudah cukup lama keberadaannya masih sangat terawat dengan baik.

Konsep dengan nuansa etnik papua berpadu dengan nuansa alam laut merupakan perpaduan yang serasi. Ditambah dengan masing masing cottage diberi nama bernuansa papua seperti serui. Fak fak, enarotali dan ayamaru.

Keindahan pulau ayer didukung oleh air yang jernih namun terlihat juga beberapa sampah yg berkeliaran mungkin karena letaknya masih berdekatan dengan pesisir daratan. Sehingga ikan ikan berwarna warni masih jarang ditemukan.

Pulau ayer adalah salah satu pulau yang mempunyai sumber air tawar di kepulauan seribu, sehingga pulau ayer sudah tidak lagi repot repot mengambil air dari daratan. Seperti pulau pulau lain yang berada di pulau seribu. Air dari daratan pulau terdistribusi dengan baik karena di rancang khusus oleh ahli untuk bertahan lama bagi para pipa pipa yang melintasi air laut.

Jika air surut terlihat segitiga yang terbuat dari beton ini, segitiga ini adalah berfungsi sebagai pengaman atau penghancur agar ombak tidak menyapu pulau ayer.

Banyak para wisatawan berminat untuk mencoba floating cottage seperti kami, sebab sensasi yang di tawarkan berbeda dari resort2 kebanyakan. Kita akan mendengarkan deburan ombak dimalam hari serta memandang hamparan lautan. Dan yang lebih serunya lagi jangan lupa bawa pancingan ya. Di cottage bisa langsung memancing diterasnya dengan santai..

Meskipun istirahat di cottage yang mengambang diatas laut sepertinya tak masalah dengan deburan ombak dibawahnya. Cottage sama sekali tidak bergerak mengikuti irama deburan ombak. Menarik sekali jika kita dapat bermalam di floating cottage.

Kita bisa duduk duduk di teras cottage di malam hari sambil memandang lautan tanpa batas dengan di hiasi kerlap kerlip lampu malam yang menimbulkan kesan agak menyeramkan atau menjelang pagi matahari terbit anda bisa menikmatinya sambil ditemani suara ombak dan memancing santai.. Pokoke mantep banget dah..  Ayo datangi segera pulau ayer dimanapun anda berada..

Artikel Terkait

Penginapan Floating Cottage di Pulau Ayer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email